Minggu, 16 Juni 2013

PEMILIHAN GURU SD BERPRESTASI JAWA BARAT 2013

Bulan Juni 2013 terutama tanggal 10 -12, bagi beberapa guru di Jawa Barat mungkin sulit untuk dilupakan terutama bagi penulis karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang pertama dan terakhir dimana kami para peserta dapat saling curah pendapat, sharing pengalaman di lapangan dan tentunya bayolan yang konyollah yang membuat kami bersatu seakan sebagai saudara yang baru bertamu !

Hari pertama, dimulai dari pendaftaran langsung terasa akrab dengan penerima pendaftaran seolah sudah bertemu lama ( thanx Bunda ) kami tidak kaku dengan panitia, lalu cek in mencari kamar, alhamdulillah langsung bertemu dengan juara-juara sejati dari Kota Bogor ( Pa Maman & Pa Trisno ) LUAR BIASA !
Kami berjanji dengan beliau untuk satu kamar dan mendapat kamar 8 A, dan tambahan satu teman dari Kota Cimahi Pa Asep menjadi satu, SERU ! Keakraban dan rasa persaudaraan langsung terasa tidak seperti dengan orang yang baru kenal, dalam hati penulis langsung mempunyai rasa inilah para juara sejati !

Setelah pembukaan oleh Kadisdikbud Jawa Barat, kami istirahat untuk melakukan Sholat Ashar, setelah itu baru melaksanakan tes tertulis tentang Pengetahuan Kependidikan dengan waktu 150 menit, barulah terlihat wajah-wajah penuh ketegangan, tes ini berisi tentang materi Kebijakan Pemerintah tentang pendidikan ( PP 32 tahun 2013 ), Kurikulum 2013, Paedagogik dan lupa lagi. Dilanjutkan dengan acara curhat tertulis yang diberi waktu 120 menit, disini termasuk penulis banyak melakukan kesalahan, terutama tidak mengungkap kemampuan pribadi secara keseluruhan dan detil, nah ini mungkin akibat dari persiapan yang tidak matang baik secara pribadi maupun kedinasan.

Setelah Sholat Subuh terlihat keseriusan Pa Maman, Pa Trisno dan Pa Asep untuk menghadapi tes wawancara, secara iseng penulis mendekati Pa maman dan Pa Tris, nah disini penulis kaget campur gembira karena Pa Tris menjelaskan tentang PP 32 Tahun 2013 dan Kurikulum 2013 ! Subhanalloh ! orang-orang sudah mempersiapkan sebelumnya kalau kami baru di tes kemarin ! Pasti Hasilnya dapat ditebak ! dengan lunglai penulis turun dari kamar mendekati rekan-rekan seperjuangan guru SD untuk melakukan hal yang sama yaitu wawancara terdiri dari 4 domain kompetensi guru, yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional serta presentasi Karya Ilmiah yang dilakukan sampai pukul 24.30 tentu diselingi dengan break dan ISHOMA.

Pengumuman guru berprestasi dilakukan, juara dimulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK secara bergantian dibacakan, maka the best in the best yang terpanggil, Kamar 8 A menjadi juara umum, karena dari 4 pengisinya 2 menjadi juara pertama, juara SMP dipegang oleh Pa Asep dari Kota Cimahi sedangkan pa Tris hanya menduduki peringkat ke-4 dengan sedikit perbedaan nilai, SMA dipegang oleh Pa Maman dari Kota Bogor dan penulis hanya sebagai penggembira saja. Hah..hah...hah

Selamat berjuang, kawan !
Selamat berjuang saudaraku !
maju terus pendidikan Jawa Barat !





Tidak ada komentar:

Posting Komentar