DAFTAR ISI LAPORAN EVALUSI DIRI SEKOLAH
Nomor | Bagian | Halaman |
| Pendahuluan | 4 |
1. | Standar Sarana dan Prasarana | 5 |
1.1. | Apakah sarana sekolah sudah memadai? | 6 |
1.2. | Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik? | 7 |
| | |
2. | Standar Isi | 8 |
2.1. | Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan? | 9 |
2.2. | Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi pserta didik? | 10 |
| | |
3. | Standar Proses | 11 |
3.1. | Apakah silabus sudah sesuai dan relevan? | 12 |
3.2. | Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif? | 13 |
3.3. | Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat? | 14 |
3.4. | Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL? | 15 |
3.5. | Apakah sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik? | 16 |
3.6. | Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi? | 17 |
| | |
4. | Standar Penilaian Pendidikan | 18 |
4.1. | Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik? | 19 |
4.2. | Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar? | 20 |
4.3. | Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka? | 21 |
| | |
5. | Standar Kompetensi Lulusan | 22 |
5.1. | Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan? | 23 |
5.2. | Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat? | 24 |
Nomor | Bagian | Halaman |
| | |
6. | Standar Pengelolaan | 25 |
6.1. | Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak? | 26 |
6.2. | Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai? | 27 |
6.3. | Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar | 28 |
6.4. | Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid? | 29 |
6.5. | Bagaimana cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagai para pendidik dan tenaga kependidikan? | 30 |
6.6. | Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah? | 31 |
| | |
7. | Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan | 32 |
7.1. | Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi? | 33 |
| | |
8. | Standar Pembiayaan | 34 |
8.1. | Bagaimana sekolah mengelola keuangan? | 35 |
8.2. | Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya? | 36 |
8.3. | Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses? | 37 |
| | |
PENDAHULUAN
1. Nama Sekolah …………………………………………………………………..
2. Nama Kepala Sekolah ……………………………………………………………..
3. Tanggal …………………………………………………………………..
4. Jumlah murid …………………………………………………………
5. Jumlah Guru …………………………………………………………
6. Tuliskan secara ringkas kinerja sekolah, mencakup visi dan misi serta program-program unggulannya. Apa yang dituliskan hendaknya menggambarkan dan sesuai dengan apa yang dilaporkan dalam dokumen ini.
7. Jelaskan kondisi lingkungan sekolah ini yang menggambarkan kondisi setempat yang khas, dan ciri-ciri khusus para siswanya. Uraian di bagian ini hendaknya mencakup pula peluang yang ada atau rintangan yang dihadapi bagi pencapaian prestasi belajar atau prestasi lainnya, juga jelaskan kondisi khusus yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar (misalnya kondisi sosial-ekonomi keluarga siswa, atau para siswa dengan kebutuhan khusus).
1. STANDAR SARANA DAN PRASARANA | ||
1.1. Apakah sarana sekolah sudah memadai? | ||
Spesifikasi menurut standar sarana dan prasarana
| ||
Indikator Pencapaian | ||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai |
Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasaranaUkuran kelompok belajar Catatan peralatan dan sumber belajar Catatan pengeluaran Lainnya (mohon jelaskan) | | |
1.2. Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik? | |||
Spesifikasi dalam standar sarana dan prasarana q Bangunan Bangunan sekolah memenuhi semua ketentuan standar, dalam ukuran dan jumlah Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali Bangunan mudah, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk penyandang cacat . | |||
Indikator Pencapaian | |||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | |
· Catatan pengeluaran | | ||
· Observasi | | ||
· Pendapat peserta didik | | ||
· Pendapat guru | | ||
· Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus | | ||
· Lain-lain (silahkan jelaskan) |
2. STANDAR ISI | |||
2.1. Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan? | |||
Spesifikasi dalam standar isiq Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis satuan pendidikan q Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai yang disusun BNSP. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran | |||
Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | |
Kurikulum tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah | | | |
Kurikulum tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah | | ||
Wawancara dengan orang tua peserta didik | | ||
Wawancara dengan peserta didik | | | |
Lain-lain |
2.2. Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik? | |||
Spesifikasi dalam standar isi§ Sekolah mematuhi standar untuk menyediakan apa yang dibutuhkan bagi pengembangan pribadi peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler | |||
Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | |
Wawancara peserta didik | | | |
Wawancara orang tua peserta didik | | ||
Observasi | | ||
Laporan mengenai kegiatan sekolah | | ||
Lain-lain |
3. STANDAR PROSES BELAJAR | |||
3.1. Apakah silabus sudah sesuai dan relevan? | |||
Spesifikasi dalam standar proses belajarStandar proses belajarA: Silabus Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP) Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan | |||
Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | |
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah | | | |
Wawancara dengan orang tua peserta didik | | ||
Wawancara dengan peserta didik | | ||
Lain-lain |
3.2. Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif | ||||
Spesifikasi dalam standar proses belajarB: Rencana Pelaksanaan Pembelajar Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran - Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi, tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu, metode belajar, dan evaluasi. Kegiatan belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Reviu RPP | | | | |
Observasi kelas | | |||
Interviu guru | | |||
Interviu peserta didik | | |||
Lainnya | ||||
3.3. Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat? | |||||
Spesifikasi dalam standar proses belajarImplementasi Proses Belajar · Selain buku text pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya. | |||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | |||
Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan | | | | ||
Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan tambahan | | ||||
Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang | | ||||
Wawancara dengan peserta didik | | ||||
Lain-lain (tuliskan) | |||||
3.4. Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL? | ||||
Spesifikasi dalam standar proses belajarq Implementasi proses belajar Para guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik Para peserta didik berpeluang untuk melakukan ekplorasi, elaborasi, dan konfirmasi Para Guru memiliki kemampuan mengimplementasikan pengelolaan kelas yang efektif | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Tingkat/jumlah DO | | | | |
Kehadiran peserta didik | | |||
Wawacara dengan guru dan peserta didik | | |||
Observasi sesama guru | | |||
Observasi Pengajaran | | |||
Rencana pengajaran dan reviu guru setelah menyampaikan pengajaran | | |||
Lain-lain (tuliskan) | ||||
3.5. Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik? | ||||
Spesifikasi dalam standar proses belajarq Perencanaan proses belajar Rencana pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan atau lingkungan peserta didik. q Implementasi proses belajar Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya Guru menghargai pendapat peserta didik Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional | | | | |
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan | | |||
Kehadiran peserta didik | | |||
Observasi sesama guru | | |||
Rencana pengajaran guru | | |||
Lain-lain | | |||
3.6. Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi? | ||||
Spesifikasi dalam standar proses belajar· Implementasi Proses Belajar q Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai. q Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Observasi terhadap sikap guru terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian. | | | | |
Menjadikan pekerjaan anak didik sebagai pajangan di kelas atau bahan pelajaran yang dibuat oleh anak didik. | | |||
Perilaku lain yang relevan | | |||
Lain-lain |
4. Standar Penilaian | ||||
4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik? | ||||
Spesifikasi dalam standar evaluasi · Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik · Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk kriteria penguasaan minimum · Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan rencana yang telah dibuat · Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional | | | | |
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan | | |||
Wawancara dengan orang tua dan peserta didik | | |||
Rencana pengajaran guru | | |||
Lain-lain | ||||
4.2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar? | ||||
Spesifikasi dalam standard proses belajarq Evaluasi oleh guru Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik Guru mempergunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional | | | | |
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan | | |||
Wawancara dengan orang tua dan peserta didik | | |||
Rencana pengajaran guru | | |||
Lain-lain |
4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka? | ||||
Spesifikasi dalam standar penilaian· Penilaian berdasarkan unit pendidikanSekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Wawancara peserta didik | | | | |
Wawancara orang tua | | |||
Wawancara guru | | |||
Laporan kegiatan sekolah | | |||
Lain-lain |
5. Kompetensi Lulusan | ||||
5.1. Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis yang diharapkan? | ||||
Spesifikasi dalam Standar Kompetensi Lulusanq Hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar menurut usia dan mata pelajaran. | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Kemajuan yang dicapai peserta didik dalam ketrampilan menulis, membaca dan berhitung | | | | |
Hasil Ujian | | |||
Hasil-hasil tes | | |||
Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan | | |||
Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau bersama | | |||
Lainnya (tuliskan) | ||||
5.2. Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat? | ||||
Spesifikasi dalam Standar Kompetensi Lulusanq Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik q Sekolah mengembangkan ketrampilan hidup q Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Catatan pencapaian pribadi dan sosial peserta didik | | | | |
Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler | | |||
Pencapaian dalam olahraga | | |||
Catatan mengenai program budaya | | |||
Laninya (tuliskan) | ||||
6. Standar Pengelolaan | ||||
6.1. Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak? | ||||
Spesifikasi dalam standard pengelolaan· Perencanaan Programq Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak berkepentingan. q Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Pernyataan Visi dan misi sekolah | | | | |
Dokumen penyebarluasan rumusan visi dan misi kepada pemangku kepentingan | | |||
Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah | | |||
Dokumen/bukti lainnya | | |||
Lain-lain |
6.2. Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai? | ||||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan· Perencanaan Program q Sekolah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang bekepentingan. | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Tujuan dan Rencana | | | | |
Pendokumentasian dan sosialisasi rencana | | |||
Lain-lain |
6.3. Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar? | ||||
Spesifikasi dalam standar pengelolaanPerencanaan Program q Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah · Supervisi dan Penilaian q Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah. q Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Laporan evaluasi diri sekolah | | | | |
Kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan sekolah | | |||
Interviu dengan peserta didik | | |||
Interviu dengan orang tua | | |||
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai pencapaian mereka | | |||
Laninya (tuliskan) | ||||
6.4. Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid? | ||||
Spesifikasi dalam standar pengelolaanq Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang memadai, efektif, efisian dan dapat dipertanggung jawabkan q Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif dan dapat diakses q Sekolah menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten dan tingkatan lain dalam sistem | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Informasi dan data mutakhir dan dapat diandalkan | | | | |
Rencana Pengembangan sekolah berdasarkan bukti-bukti yang ditujukan dari data | | |||
Diknas kabupaten memiliki catatan mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah | | |||
Lain-lain |
6.5. Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan | |||||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan· Pendidik dan Tenaga Kependidikan q Sekolah mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk pengembangan profesi · Supervisi dan Evaluasi q Supevisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan standar guru dan tenaga kependidikan | |||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | |||
Penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala sekolah | | | | ||
Interviu guru | | ||||
Observasi | | ||||
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai prestasi yang dicapai | | ||||
Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu | | ||||
Lain-lain | |||||
6.6. Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian dalam kehidupan sekolah? | ||||
Spesifikasi dalam standar pengelolaanq Sekolah harus melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis sekolah q Warga sekolah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
Catatan mengenai dukungan komite sekolah | | | | |
Tingkat pendaftaran peserta didik | | |||
Interviu dengan perwakilan masyarakat setempat | | |||
Lain-lain | ||||
7. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN | |||
7.1. Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memadai? | |||
Spesifikasi dalam standar guru dan tenaga pendidik q Jumlah guru dan tenaga pendidik memenuhi standar q Kualifikasi guru dan tenaga pendidik memenuhi standar q Guru dan tenaga pendidik memenuhi standar kompetensi | |||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | |
Jumlah dan kualifikasi guru | | | |
Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik | | ||
Beban mengajar guru | | ||
Laporan kepala sekolah mengenai supervisi guru | | ||
Penilaian terhadap guru dan tenaga pendidik | | ||
Lain-lain |
8. Standar Pembiayaan | ||||
8.1 Bagaimana sekolah mengelola keuangan? | ||||
Spesifikasi dalam standar pembiayaan Pengelolaan keuangan sekolah q Anggaran sekolah dirumuskan merujuk peraturan pemerintah pusat dan daerah q Pengelolaan keuangan sekolah transparan, efisien, dan akuntabel. q Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan. | ||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan | | | | |
Laporan pendapatan dan penggunaan keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan. | | |||
Pembukuan keuangan sekolah | | |||
Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan | | |||
Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan. | | |||
Laninya (tuliskan) | ||||
8.2 Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya? | ||||||||
Spesifikasi dalam standar pembiayaanq Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri | ||||||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||||||
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan | | | | |||||
Catatan alumni | | |||||||
Catatan hasil pertemuan dengan pemangku kepentigan yang relevan | | |||||||
Catatan pendapatan dari semua sumber | | |||||||
Interviu dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan. | | |||||||
Laninya (tuliskan) | ||||||||
8.3 Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses? | ||||||||
Spesifikasi dalam standard pembiayaanq SPP siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua q Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi | ||||||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) | Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti | Tingkat yang dicapai | ||||||
Angka peserta didik yang masuk dan keluar | | | | |||||
Wawancara dengan anak didik | | |||||||
Wawancara dengan orang tua | | |||||||
Wawancara dengan yang mewakili masyarakat | | |||||||
Wawancara perwakilan masyarakat daerah | | |||||||
Catatan SPPyang dibayarkan | | |||||||
Tingkat putus sekolah | | |||||||
Lain-lain | ||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar